Tuesday, April 13, 2010

Merawat Jas hujan

Berikut tips yang perlu dilakukan agar jas hujan kita bisa kita gunakan sampai kita bosan atau dengan kata lain lebih awet dan tahan lama.


Berikut beberapa tips yang perlu dilakukan :



  1. Pastikan untuk selalu mengeringkan terlebih dahulu jas hujan sebelum dilipat dan disimpan. Karena pada kondisi basah, air atau basah yang terjebak akan menyebabkan permukaan jas hujan lengket dan menyulitkan pada saat dibuka nanti atau bahkan sobek karena terlalu lengket dan dipaksa untuk dibuka.

  2. Untuk mengeringkan jas hujan, jangan langsung dipaparkan pada jas hujan karena akan menyebabkan jas hujan cepat rusak.

  3. Saat mencuci jas hujan, hindari penggunaan deterjen atau sikat karena akan merusak permukaan jas hujan tersebut sehingga rawan bocor. Cukup dengan lap basah dan air saja.

  4. Hindari penyimpanan jas hujan di tempat yang terkena panas atau sinar matahari secara langsung.

  5. Hindari semaksimal mungkin melipat jas hujan pada bagian-bagian sambungan, agar sambungan lebih awet. Terutama sambungan-sambungan yang ditutup dengan lapisan tambahan, biasanya lapisan tambahan tersebut mudah terlepas.


Karena di Indonesia terdiri dari 2 musim yang lamanya masing-masing bisa mencapai 6 bulan, maka ada kemungkinan jas hujan tersebut tidak digunakan dalam waktu yang lama. Bila hal tersebut terjadi, biasakan untuk membuka lipatan jas hujan anda dan mengangin-anginkan jas hujan anda setidaknya sebulan sekali.


Silahkan dipraktekan sehingga dapat menghemat pengeluaran kita untuk pembelian jas hujan, syukur-syukur bisa diturunkan ke anak cucu kita


No comments:

Post a Comment