Tuesday, April 13, 2010

Pertolongan pertama pada kebakaran

Melihat dan membaca dari berbagai media massa mengenai kejadian kebakaran yang terjadi di beberapa kota, rasanya kita perlu tahu juga apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran tersebut dan apabila terjadi, pertolongan pertama seperti apa yang harus kita lakukan terhadap korbannya.


Yang perlu diperhatikan pertama adalah tingkat luka bakar. Tingkat luka bakar ditentukan berdasarkan tingkat kerusakan jaringan tubuh. Hal ini akan menentukan tindakan pertama apa yang harus di lakukan. Kali ini kita akan membahas untuk tingkat pertama dan kedua yang merupakan tingkat yang ringan.


Tingkat pertama, luka dimana hanya lapisan kulit luar yang terbakar tetapi tidak seluruh permukaan kulit. Kulit biasanya memerah, bengkak dan kadang-kadang sakit dan tidak mengenai bagian yang vital pada tangan, kaki, wajah, pangkal paha atau pantat.


Tingkat kedua, luka dimana lapisan kulit terluar dan lapisan kedua juga terbakar. Kulit melepuh, merah dan terlihat bernoda. Akan muncul rasa sakit yang luar biasa dan bengkak. Luka tidak lebih lebar dari 7.5 cm dan tidak mengenai bagian vital pada tangan, kaki, wajah, pangkal paha atau pantat.


Untuk kedua tingkat tersebut yang perlu dilakukan adalah :



  1. Mendinginkan bagian yang terbakar, mengaliri dengan air selama 10 – 15 menit, atau merendam di air atau kompres. Hal ini untuk melepaskan panas pada daerah yang bengkak hingga rasa sakit reda. Jangan menaruh es di luka tersebut, jangan menggunakan salep atau mentega dan jangan merusak kulit yang melepuh karena memperbesar potensi terjadi infeksi.

  2. Tutup dengan kain kasa, jangan kapas atau bahan lain yang dapat menyebabkan menempel pada luka, dan tidak terlalu ketat. Sehingga panas tetap dapat keluar tetapi luka tertutup.

  3. Berikan obat pereda nyeri dan sesuaikan dengan korban.


Untuk korban ini biasanya tidak ada perawatan lebih lanjut, hanya saja biasanya terjadi perubahan warna kulit. Tetapi harap beri perhatian khusus apabila terjadi rasa sakit yang meningkat, memerah, demam, bengkak karena dikawatirkan terjadi infeksi. Apabila terjadi infeksi harap segera hubungi paramedis.


Pertolongan pertama ini diharapkan dapat mengurangi rasa sakit dan potensi terjadi luka yang lebih parah.





No comments:

Post a Comment

Post a Comment